Gunakan Cara Ampuh Ini sebagai Pembersih Kasur Spring Bed, Tidur Makin Nyaman

Godaan untuk rebahan setelah berutinitas memanglah sangat berat. Apalagi sepulag dari bepergian, baik itu kerja atau jalan-jalan, maka langsung ke kasur adalah cara yang paling nikmat untuk merenggangkan otat di seluruh tubuh. Sayangnya, kebiasaan ini justru memiliki dampak yang tidak mengenakkan bagi kenyamanan spring bed di rumah.

Anda yang baru saja bepergian pastilah akan membawa kuman di bagian tubuh yang terbuka, dan juga pakaian yang dikenakan. Apalagi di saat seperti pandemi covid-19 ini, sudah dapat dipastikan kuman yang tidak terlihat atau virus jahat ikut menempal, dan melekat di spring bed Anda. Tidak hanya tingkat kenyamanan yang akan terancam, tapi juga kesehatan Anda dan juga keluarga turut terancam akibat pola lagsung rebahan tanpa cuci tangan dan kaki.

Bahkan akan sangat dianjurkan untuk salin pakaian terlebih dahulu sebelum menuju ke kasur spring bed yang memang dapat mengobati rasa lelah di tubuh. Lalu, bagaimana jika Anda sudah terlanjur melakukannya, dan kuman sudah turut serta bersemayam di spring bed yang dimiliki? Ini saatnya bagi Anda mengubah pola kebiasaan langsung rebahan saat kembali ke rumah, serta melakukan pembersihan terhadap spring bed.

Kasur spring bed yang tidak pernah dibersihkan pastilah akan menjadi sarang kuman dan kutu kasur yang mampu menimbulkan beragam penyakit. Apabila kuman dan kutu kasur sudah bersarang di spring bed, maka akan sedikit sulit untuk benar-benar membersihkannya. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara ampuh pembersih kasur spring bed di bawah ini untuk membuat tidur semakin nyenyak bebas kuman dan kutu kasur.

Manfaatkan Tepung Maizena untuk Pembersih Noda Kasur

Tepung jagung yang biasa menjadi campuran dalam olahan kue ini ternyata dapat digunakan sebagai pembersih dari spring bed Anda. Namun, penggunaan dari Maizena hanya dapat dilakukan pada jenis kotoran yang nampak, seperti noda atau bahkan bekas ompol yang membuat peta di kasur spring bed. Tentunya noda-noda yang seperti ini akan sangat menjijikkan dan mengurangi kenyamanan untuk tidur di spring bed.

Cara memanfaatkan tepung Maizena untuk membersihkan kasur spring bed dari noda pun terbilang mudah. Anda cukup mengambil secukupnya Maizena dan taburkan di atas spring bed dengan noda yang masih basah. Namun, saat noda sudah terkering di spring bed, maka tepung Maizena bisa dilarutkan terlebih dahulu. Kemudian siapkan handuk yang memiliki daya serap baik untuk menutupi noda yang telah ditaburi Maizena.

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk menyerap sisa air yang terdapat pada spring bed yang telah ditaburi Maizena tersebut sebagai pembersih kasur spring bed. Lap secara searah menggunakan handuk tersebut sampai tepung Maizena tidak tersisa lagi pada permukaan spring bed yang bernoda. Selanjutnya gunakan vacuum untuk menyedot secara sempurna, dan lakukan spray dengan pewangi, serta gunakan drayer untuk pengeringan maksimal.

Manfaatkan Alkohol 70 Pesen untuk Pembersih Noda Kasur

Gunakan Cara Ampuh Ini sebagai Pembersih Kasur Spring Bed

Cara yang kedua ini juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda kasur spring bed yang terlihat. Anda dapat membeli alkohol 70 persen di apotek terdekat dengan harga yang cukup terjangkau untuk botol kecil dan juga besar. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda untuk membersihkan noda pada permukaan spring bed. Semakin banyak noda di kasur, atau ingin membersihkan secara menyeluruh, maka alkohol yang diperlukan semakin banyak.

Alkohol 70 persen sebagai  pembersih kasur spring bed ini dilakukan dengan mengolesi pada permukaannya secara merata. Selanjutnya, diamkan hingga 15 menit atau lebih dengan menutupkan seluruh permukaan kasur spring bed yang hendak dibersihkan dengan handuk yang menyerap. Hal ini dilakukan guna penyerapan terhadap noda dan alkohol.

Selanjutnya diusap secara searan dan sedikit penekanan saja agar tidak merusak kain pada permukaan spring bed. Anda dapat menggunakan dryer untuk melakukan pengeringan secara maksimal pada spring bed yang baru dibersihkan, tapi jika tidak memilikinya bisa memanfaatkan panas dari cahaya matahari. Namun, Anda perlu tenaga dan kesabaraan saat mengeringkan spring bed di bawah sinar matahari.

Manfaatkan Sabun Cair atau Liquid untuk Pembersih Noda Kasur

Sabun cair atau liquid telah terbukti lebih cepat mengangkat noda yang sulit pada permukaan kain, dan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pembersih kasur spring bed. Pada cara ini tidak hanya noda pada kasur, tapi juga ampuh dalam membunuh kuman yang tidak terlihat. Namun, Anda butuh peralatan yang juga mendukung untuk melakukan pembersihan secara tuntas tanpa harus merusak permukaan spring bed.

Pertama, Lakukan penyedotan debu secara menyeluruh di permukaan spring bed menggunakan alat vacuum. Setelah seluruhnya tidak ada debu lagi, maka Anda dapat melarutkan sabun cair atau liquid ke dalam air secukupnya, dan gunakan sikat pakaian yang lembut untuk menyikat seluruh permukaan kasur spring bed.Celupkan sikat ke dalam larutan tersebut, dan sikat secara searah dan perlahan hingga seluruh bagian permukaan spring bed. 

Lakukan pembilasan dengan cara yang sama, tapi dengan mencelupkan sikat ke air yang bersih. Gunakan handuk yang sudah tidak terpakai lagi bisa dijadikan pilihan sebagai pembersih kasur spring bed dengan memanfaatkan sabun cair atau liquid ini, apabila tidak memiliki sikat yang lembut. Setelahnya barulah gunakan dryer untuk mengeringkan spring bed yang telah bebas dari noda dan kuman.

Anda juga bisa menambahkan penyemprotan untuk memberikan aroma yang harum sekaligus mampu membunuh kuman yang tersisa. Ada banyak jenis cairan semprot yang bisa digunakan pada spring bed, jok, dan juga sofa, yang bisa dibeli secar online atau offline di toko yang menyediakan berbagai sabun cair dan pewangi. Apabila saat disemprotkan cairan, permukaan spring bed terlalu basah, maka bisa gunakan dryer kembali.

Miliki Banyak Sprei untuk Menjaga Kebersihan Kasur Spring Bed

Setelah berhasil dibersihkan, maka Anda harus melakukan perawatan agar noda, kuman, dan kutu kasur tidak kembali lagi. Salah satunya ialah dengan rutin mengganti sprei minimal 1 kali dalam 3 hari. Sehingg, Anda setidaknya memerlukan 2 hingga 3 sprei untuk salin ganti menjaga kebersihan dari kasur yang telah dibersihkan dengan berbagai cara pembersih kasur spring bed yang ampuh.

Selain itu, pemilihan bahan sprei juga menjadi penunjang dalam menjaga kebersihan kasur spring bed. Usahakan Anda memilih sprei yang memiliki daya serap terhadap keringat secara baik, seperti bahan katun. Apabila memiliki bayi atau balita yang masih mengompol, maka Anda dianjurkan menggunakan perlak atau sprei anti ompol yang cukup diminati sebagai bentuk perawatan terhadap kasur spring bed.

Sebab, kasur spring bed yang terlalu sering terkena noda, ompol, dan mengharuskan rangkaian cara pembersih kasur spring bed di atas, justru dapat merusak kain pada permukaannya. Oleh karenanya, tidak dianjurkan untuk sesering mungkin melakukan pembersihan dengan cara di atas, tapi merawat setelahnya akan membuatnya menjadi lebih bersih dan tidur pun nyaman.